Kamis, 19 April 2012

BELIEVE



BELIEVE


“Tetapi carilah dulu kerajaan allah dan kebenarannya,maka semuanya itu akan dilimpahkan kepadamu”(Matius 6:33)"

Sudah hampir 3 bulan lebih ini aku bergumul dengan diriku sendiri.Mengenai Agama dan eksistensiku sendiri dalam agama itu seperti apa yang kutuliskan dalam tulisan2 sebelumnya.Banyak hal yang membuatku bingung,mengenai apa sebenarnya “kebenaran” itu dan apa yang menjadi titik acuan dan standar sebuah kebenaran.Aku berkutat di internet dan beberapa buku mempelajari berbagai  hal mengenai keagamaan dan jujur harus kuakui banyak menyita waktu dan energi.Banyak hal-hal lain menjadi terbengkalai dan aku semakin sering merenung sendiri dan berpikir.Banyak hal yang kukaitkan mulai dari sains,filsafat,logika,metafisika dengan agama dan apa yang ada hanyalah KEBINGUNGAN YANG SEMAKIN MENJADI-JADI.Aku seperti sampan kecil di tengah samudera yang sangat luas,kehilangan arah,dan tidak memiliki pegangan apa-apa selain diombang-ambingkan gelombang.

Banyak cobaan yang kualami dalam waktu 3 bulan ini dalam usaha pencarian kebenaran itu,yang kudapat malah sakit hati dan kesedihan.Apa yang kualami justru membuatku semakin bertanya-tanya tentang tuhan dan agama itu.Salah satu kejadian yang membuatku ragu adalah BILA MEMANG TUHAN ITU MAHAKASIH MENGAPA DIA MEMBUAT BERBAGAI PENDERITAAN DI DUNIA INI ?

Kejadian yang jujur membuatku sedikit stress dan bertanya-tanya mengenai ketuhanan itu  baru saja dialami oleh keluarga ku sendiri,Kejadiannya tepat pada 14 april lalu,saat dimana keluarga ku di kampung sedang tidak berada di rumah.Bapak dan mama ku sedang pergi ke kantor dan adikku sedang pergi kesekolah.Kejadiannya sangat tidak di duga-duga bgaikan petir di siang bolong.Rumah kami dibongkar dan dicuri oleh pencuri.Emas yang harusnya digunakan untuk membeli paviliun di bandung hilang habis semua,beberapa barang elektronik juga hilang,dan tentu saja membuat orang tuaku yang sudah susah payah mengumpulkan duit ini menjadi shock.Saat berita ini kudengar aku tak bisa berkata apa2,dan serasa terkena tamparan telak dan mimpi yang sudah lama ku bayangkan bahwa kami akan mempunyai paviliun di bandung ternayta harus hilang dalam seketika.Orang tuaku hanyalah PNS biasa dengan kerja sampingan  sebagai petani serta gaji pas-pasan, dan aku tahu betapa susahnya mereka mencari uang dan membiayai biaya kuliah  biaya hidup kami.

Aku bingung dan bertanya-tanya KENAPA INI HARUS TERJADI ? KENAPA ADA ORANG YANG SEBEGITU JAHATNYA MENCURI RUMAH KAMI?BILA TUHAN ITU ADA KEMANA DIA SAAT ORANG-ORANG INI DATANG MEMBONGKAR RUMAH KAMI?APA MUNGKIN INI MENJADI HUKUMAN SAMAKU,KARENA MERAGUKAN DAN MEMPERTANYAKAN KEBERADAAN TUHAN DAN AGAMAKU SENDIRI?KENAPA?
Aku semakin terpuruk dan terperangkap di dalam pikiranku sendiri,mencoba-coba memikirkan dan menerka-nerka apa yang menjadi benang merah,aku semakin sering merenung dan terkurung di dalam pikiranku sendiri.

Kejadian ini memaksaku untuk semakin mencari-cari apakah arti dari sebuah kebenaran itu ?


Aku mulai sedikit “gila” ya harus kuakui,karena aku mencari  hal yang aku sendiri gak tahu apa yang kucari itu dan apakah hal itu benar benar benar.Aku bingung karena apa standar,metode dan apakah hasil akhir untuk pencarian ini pun aku tak tahu.Menyita waktuku.Energiku.Dan hal-hal lain seperti akademik,sosial dan kesehatanku pun drop dan terbengkalai.Aku ingin skip masalah kebenaran ini,dan fokus kepada hal-hal lain yang ada malah perasaan cemas dan seakan-akan menghantui pikiranku untuk segera menemukan jawabannya.Aku tak tahu bagaimana cara mendeskripsikan perasaan dalam bentuk verbal untuk hal ini.TAPI YANG PASTI KUTAHU DAN HARUS KULAKUKAN,AKU HARUS SEGERA MENEMUKAN “KEBENARAN”,SEBELUM AKU SEMAKIN DROP DAN KEBINGUNGAN SENDIRI !!!

Aku terus mencari dan membandingkan,Hingga akhirnya aku kembali bermuara pada seorang pribadi yang hidup 2000 tahun yang lalu.Namanya Yesus.Seorang tukang kayu dari nazaret yang rela mati disalibkan demi manusia.(Kematiannya demi manusia adalah bukti kasih yang tak akan mungkin bisa dicapai nalar manusia kecuali dengan kepercayaan.Mengetahui ada seseorang yang rela meninggal demi aku 2000 tahun yang lalu membuatku merasa bahwa aku sangat berharga baginya dan membuatku tertarik untuk mengenal pribadinya lebih dalam lagi)


Sebelum aku “terperangkap”dalam logika ku sendiri sebenarnya aku sudah tahu mengenal yesus sendiri dan aku memang seorang kristen.Ya kristen KTP.Aku hanya tahu yesus tapi tidak memahami kepribadiannya secara utuh yang membuat dia berbeda dari semua.Hingga akhirnya aku mencari dia kembali,dan menemukan hal hal yang luar biasa menakjukbkan dan tidak pernah kupikirkan sebelumnya.
Yesus adalah pribadi yang membuat kristen berbeda dengan agama lain.Dia adalah pribadi yang unik,sosok yang revolusioner seorang pemimpin sejati.Dia pasti bukan berasal dari dunia ini.Ya,mungkin di suatu tempat di tempat lain tapi bukan dari dunia ini.Dia bukan manusia seperti manusia lainnya.Dia memang turun ke dunia dalam bentuk rupa manusia.Namun dia tetaplah bukan manusia biasa.titik.

Sejarah sudah membuktikan bahwa yesus benar-benar nyata dan pernah hidup serta melakukan berbagai mukzizat yang secara logika mustahil untuk dilakukan.Dan hal ini lah yang membuat banyak manusia menjadi tidak percaya kepadanya karena apa hal yang dilakukan yesus adalah diluar penalaran.

“Dia terlalu hebat,dia terlalu baik,tak mungkin ada manusia seperti yesus,ini mustahil”katanya
“Ya memang dia bukan manusia biasa seperti kita”kataku kemudian,

Ini adalah salah satu masalah yang membuat banyak manusia memilih tidak percaya kepadanya,masalahnya DIA TERLALU BAIK.DIA TERLALU HEBAT.DIA DILUAR JANGKAUAN NALAR MANUSIA.TIDAK MUNGKIN ADA MANUSIA SEPERTI DIA.

Dan dengan rendah hati dan penuh penyesalan aku harus kembali kepada pernyataan C.S lewis(eks atheis) yang sebelumnya pernah kuragukan kebenarannya.

“Kita tak akan pernah bisa mencapai logika tuhan.Maksud saya kalau kita sudah bisa mencapai logikanya,lantas dimana letak ketuhanannya”(C.S Lewis)

Aku menyerah.Aku lemah.Aku tak berdaya.terlalu angkuh dan sombong,bila aku yang hanya seorang ciptaan darinya justru berusaha meragukan dan melawannya sebagai penciptaku.Aku dengan penuh kekalahan harus mengakui bahwa logika ku itu tak ada apa-apanya,bukan lawan yang seimbang apabila mencapai logika tuhan yesus.Aku dengan penuh rasa ikhlas dan penyesalan Banyak hal yang sudah kutelusuri dan selalu berujung kepada akhir yang sia-sia dan tidak menghasilkan apa-apa,kecuali kebingungan.Tuhan dengan segala kuasa dan anugerahnya tak akan bisa kita capai logika dan cara berpikirnya,yang bisa ku lakukan hanyalah menerima firmannya yang tertulis di ALKITAB.Cukup itu saja.Yang perlu ku lakukan adalah menggali-menggali karena kebenaran yang sejati bersumber dari sana.Banyak hal yang justru sulit dicapai secara rasional dan logika di alkitab,dan sulit dipercaya,seperti perihal kasih,keselamatan,dan banyak hal lagi.Dan hal yang membuat aku semakin kagum kepada pribadinya adalah konsep yang dia ajarkan mengenai KASIH.Ini adalah masterpiece yang paling kontras dari ajran-ajaran lain,yang membuatku tertarik dan merasa nyaman dan teduh saat mengetahuinya.

sekali lagi aku harus mengakui 
“JUSTRU KARENA DIA SULIT DIPERCAYALAH,MAKA AKU PERCAYA PADANYA”

Yang bisa kulakukan sekarang hanyalah “PERCAYA”.titik.

Baiklah jika hal ini kurang menjelaskan dan kelopak mata  masih cukup kuat untuk membaca dan menahan kantuk mengenai apa kebenaran yang kumaksud silakan geser scroll anda ke bawah,ini adalah landasan fundamental yang membatasi ke kristenan itu sendiri.Skaligus menjadi landasan kenapa aku harus menjadi kristen.

“I belive in christianity as i believe that the sun risen not only because i see it,but because by see it i see everything”
~C.S Lewis~

“Kebenaran  adalah kepercayaan itu sendiri.Semakin kita percaya bahwa kepercayaan kita itu adalah benar,maka kita akan semakin percaya bahwa kebenaran yang kita percaya adalah benar.Dan aku percaya sumber kebenaran itu adalah firman tuhan.Dan firman tuhan itu tertulis dengan jelas dalam alkitab”

Dari sini aku bisa percaya bahwa kebenarannya adalah,kepercayaan kepada kebenaran alkitab,berarti karena yesus adalah kebenaran dalam alkitab,maka aku percaya kepada yesus karena yesuslah  kebenaran.

Inti dari percaya kepada yesus adalah datang kepada dia untuk dipuaskan dalam segala pernyataan allah tentang dirinya kepada kita yang dinyatakan dalam dia

Yesus berkata “Akulah roti hidup,barang siapa datang kepadaku ia tidak akan lapar lagi,dan barang siapa percaya padaku ia tidak akan haus lagi” yohanes 6:35
Mazmur 42

“seperti rusa rindu sungaiMU
Jiwaku rindu Engkau
Kaulah tuhan hasrat hatiku
Kurindu menyembahMU
Kaulah kekuatan dan perisaiku
KepadaMU aku berserah
Kaulah tuhan hasrat hatiku,kurindu menyembahMU”

Cukup sudah pencarianku akan kebenaran.Hal yang menjadi pondasi kebenaran itu sudah kudapat.Yaitu kepercayaan kepada alkitab itu sendiri sebagai sumber kebenaran.Sekarang tinggal bagaimana memahami apa isi alkitab itu sendiri.Aku tahu ini butuh waktu yang lama dan proses yang panjang,tapi paling tidak ibarat seorang anak yang sedang main papan luncur.Aku sudah duduk di tingkat tertinggi papan luncur,tinggal bagaimana meluncur ke bawah.Aku bisa melihat ke bawah,dan aku percaya bahwa memang aku bakalan turun ke bawah dan tidak mungkin aku justru melayang ke udara dan jatuh menghujam bumi sehingga membuat tubuhku hancur terburai,tidak, aku akan turun kebawah dengan tertawa gembira dan selamat dan teriak geronimooooooo !! :)

Itu yang kumaksud,aku percaya akan kebenaran alkitab,tinggal bagaimana aku membawa diriku masuk dan memahami firman tuhan,dan aku tahu bahwa akhir dari proses ini adalah kedamaian,kepuasan dan kemenangan akhir yang tidak pernah kubayangkan sebelumnya.


“faith is to believe what we do not see,and the reward of this faith is to see what we believe






1 komentar: